Sabtu, 16 Februari 2019

Pengalaman Saya Sebagai Staff Administrasi Gudang Kain

Saya pernah bekerja sebagai staff admin gudang tahun 2018.mungkin kalian semua yang ingin melamar kerja sebagai staff admin gudang saya akan bebagi pengalaman kepada kalian semua tentang rincian pekerjaan yang pernah saya alami sebagai staff administrasi gudang kain.

pekerjaan yang biasa saya lakukan adalah sebagai berkut :


1. Datang Lebih Awal ikut meeting
   Biasanya ini dilakukan di pagi hari sebelum bekerja yaitu untuk membahas stok barang, barang keluar barang masuk, dan barang return dari pembeli.atau target yang harus dicapai di hari itu

2. Bersih bersih dulu sebelum memulai bekerja.
   Hal ini diwajibkan untuk semua karyawan yang bekerja di perusahaan saya termasuk bagian operator sekalipun. guna untuk membuat kita nyaman dengan kondisi lingkungan kerja yang bersih.

3. Mencatat Manual surat jalan yang masuk maupun surat jalan yang keluar
   hal ini merupakan salah satu administrasi gudang, jadi sebelumnya kita membuat surat jalan untuk pengiriman kain kepada pembeli dan pada hari besoknya kita catat surat jalan tersebut sesudah dikirim dan sampai di tangan pembeli,juga mencatat surat jalan yang masuk mulai dari No Kain,Warna,Satuan,Qty dll

contoh pencatatan surat jalan masuk ke excel

4. Mengecek Barang di Gudang dan mencatat hasilnya.
   mengecek barang pada awalnya akan mendapatkan kesulitan di karenakan kita belum beradaptasi dengan nama nama barang tersebut. apalagi untuk seorang pemula. kenapa karena kita harus tahu betul jenis barang tersebut dan berapa stoknya,tapi itu terbantu bila kain tersebut sudah dilabel,
5. Membuat Packing list dan Surat Jalan .
Sebelum kain dibuat surat jalan dibuat packing listnya karena kain yang dikirim sudah dibungkus per roll yang biasa panjangnya antara 30 m sampai 60 m per roll
contoh packing list:



Untuk membuat surat jalan biasanya pihak persahaan telah mempunyai software atau program untuk keperluan perusahaan tersebut dan untuk print out surat jalan tersebut biasanya juga diperlukan print amplopnya.
Adapun contoh aplikasi surat jalan pernah saya tulis sebelumnya:aplikasi surat jalan-
https://herysharing.blogspot.com/2019/01/aplikasi-cetak-surat-jalan-excel.html

6.Mengecek kain yang akan di kirim
   sesudah membuat surat jalan, saya wajib mengecek barang tersebut yang akan di kirim karena pihak pembeli pasti komplain bila order kain yang mereka pesan tidak sesuai oleh sebab itu kita perlu untuk mengecek barang tersebut kembali.nah disini juga perlu ketelitian dalam membuat surat jalan dimana kain yang dikirim kadang dicampur labelnya(ada dalam mtr ada juga dalam yard) meskipun itu satu corak dikarenakan berbeda stok(stok lama dan stok baru)

7.Mengecek kain yang akan di terima
  Disini juga perlu ketelitian dalam membuat surat jalan dimana kain yang diterima adalah hasil celupan dari supplier yang harus dibandingkan warnanya dengan warna standar yang harus diretur untuk dicelup ulang apabila warna menceng/tidak sesuai standar,juga diteliti kesesuaian dengan sj masuknya mulai dari no kain dari no lot dan warna

8. Membuat laporan stok
 laporan stok ini mencakup laporan barang masuk, barang keluar, dan barang return dari pembeli.

9. Membuat memo permintaan asesoris
 Apabila stok dari asesoris kain seperti solasi,hangtag,tinta cap,cap kain,plastik sudah hampir habis maka wajib dibuat memo kepada bagian pembelian.
Demikian gambaran pekerjaan saya sebagai admin gudang.mudah mudahan bisa menjadi gambaran bagi pelamar staff admin gudang 

2 komentar:

  1. pas kita masuk, dibimbing secara detail (dijelasin semua) ga? atau cuma sekilas?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

DRIVER LAN USB RD9700

https://www.tokopedia.com/heryunov/usb-to-rj45-ethernet-adapter-usb-lan-for-all-windows-notebook-pc   Netbook adalah laptop yang diringkas s...