Rabu, 21 Februari 2018

Membuat Laporan Laba/Rugi Perusahaan dengan Excel

Laporan Laba/Rugi dari sebuah perusahaan merupakan informasi akhir dari pengelolaan administrasi keuangan dimana perusahaan hanya memiliki 2 informasi yaitu apakah perusahaan tersebut rugi atau bahkan untung.

Untuk membuat laporan laba rugi memang tidaklah sulit seperti yang dibayangkan oleh pikiran kita terlbih jika perusahaan tersebut sudah memakai aplikasi pengelolaan atau administrasi keuangan secara benar dan tepat. Pengelolaan keuangan secara akuntabel dari sebuah perusahaan memang diperlukan untuk memberikan informasi terbaik yang dijadikan acuan untuk menentukan kebijakan perusahaan tersebut. Jika perusahaan Anda masih menggunakan Excel sebagai pengelolaan keuangannya tentu Anda harus kreatif dan mengetahui benar bagaimana format laporan keuangan laba/rugi yang diberikan kepada Perusahaan tersebut.


Apa Tujuan Laporan Keuangan Dibuat?

Jadi tujuan dari laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi, kinerja perusahaan dan alat evaluasi keadaan keuangan perusahaan saat ini sehingga  dapat  menjadi  bahan  pertimbangan  untuk  pengambilan  keputusan perusahaan di masa mendatang menyangkut prediksi arus kas, investasi, hasil operasi mendatang.

Bagaimana Menganalisis Laporan Keuangan :
  1. “Memberikan  informasi yang lebih luas, lebih dalam daripada yang terdapat di laporan keuangan biasa
  2. Menggali informasi yang tidak tampak secara explicit dari suatu laporan keuangan yang berada di balik laporan keuangan
  3. Mengetahui kesalahan yang terkandung dalam laporan keuangan
  4. Membongkar  hal-hal  yang  bersifat  tidak  konsisten  dalam  hubungannya dengsn  suatu  laporan  keuangan  baik  dikaitkan  dengan  komponen  intern laporan keuangan maupun kaitannya dengan informasi yang diperoleh dari luar perusahaan
  5. Mengetahui  sifat-sifat  hubungan  yang  akhirnya  dapat  melahirkan  model- model dan teori-teori yang terdapat di lapangan seperti untuk prediksi, rating
  6. Memberikan  informasi  yangdiinginkan  oleh  para  pengambil  keputusan.
    Dengan  perkataan  lain,  apa  yang  dimaksud  dari  suatu  laporan  keuangan merupakan tujuan analisis laporan keuanganjuga antara lain
    • Menilai prestasi perusahaan
    • Memproyeksikan keuangan perusahaan
    • Menilai kondisi keuangan masa lalu dan masa sekarang dan aspek waktu tertentu :
      1. Posisi keuangan (aset, neraca, dan modal)
      2. Hasil usaha perusahaan (hasil dan biaya)
      3. Likuiditas
      4. Solvabilitas
      5. Aktivitas
      6. Rentabilitas dan profitabilitas
      7. Indikator pasar modal
    • Menilai perkembangan dari waktu ke waktu
    • Melihat komposisi struktur keuangan dan arus dana
  7. Menentukan peringkat (rating) perusahaan menurut kriteria tertentu yang sudah dikenal dalam dunia bisnis
  8. Membandingkan ituasi perusahaan dengan perusahaan lain dengan periode sebelumnya atau dengan standar industri atau standar ideal
  9. Memahami situasi dan kondisi keuangan yang dialami perusahaan, posisi keuangan, hasil usaha, struktur keuntungan, dan sebagainya
  10. Memprediksi potensi apa yang mungkin dialami perusahaan di masa yang akan datang.” 
Berikut screenshoot contoh laporan keuangan dalam format excel (xls)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DRIVER LAN USB RD9700

https://www.tokopedia.com/heryunov/usb-to-rj45-ethernet-adapter-usb-lan-for-all-windows-notebook-pc   Netbook adalah laptop yang diringkas s...